Alternatif host javascript untuk blogger dot com

Janjiku palsu.. huhu..katanya mau update blog secara berkala.. eh ujung ujungnya nga update2 sampai sebulan lebih :| . Hingga akhirnya di hari libur kali ini saya punya kesempatan untuk lebih menyentuh blog kesayangan ini (biasanya cuma view view aja) hehe.

Sebenarnya sejak beberapa hari yang lalu saya sudah mulai mengutak-atik blog ini, soalnya ada beberapa bagian yang salah di blog ini.Apa itu? hehe.. javascript emoticon untuk bagian komentar,bagian emoticon dalam postingan dan beberapa javascript lainnya.

Ya,semenjak googlepages di tutup oleh google kebanyakan pasti bingung dalam mengurusi eksternal javascript untuk blog mereka.
Dahulu saya menggunakan googlepages untuk menyimpan file2 yang berhubungan dengan blog saya.Meskipun googlepages telah di gantikan oleh googlesites yang sama2 dapat attach file meski masih sedikit membingungkan hehe..

Sudah ah..kebanyakan dongeng kayanya hehe...Setelah dicari2 ada banyak alternatif untuk menangani masalah hosting javascript untuk blogspot.

Yaitu sebagai berikut:
  1. Ada yang memanfaatkan googlesites(saya belum menemukan setinggan yang pas)
  2. Ada yang menggunakan fasilitas free hosting(atau hosting pribadi bila punya)
  3. Ada yang kode javascript-nya di sematkan langsung di dalam edit html
  4. Ada yang pake jasa free javascript hosting.
  5. dan mungkin ada cara2 lainnya.
Nah diatas adalah beberapa cara yang sempat saya temukan saat bertanya dengan om google tercinta. Tapi, coba kita bahas satu persatu dulu kekurangan dan kelebihannya, karena nanti ga mungkin saya contohin semua nya hehe.. selain capek boros tempat juga hehe..OK.

Yang Pertama, memanfaatkan fitur attachment di googlesites. Sebenarnya semenjak googlepages di tutup, saya sudah menggunakan fitur ini,hanya saja format file nya tidak boleh .(dot)JS jadi mesti di rename menjadi .(dot)TXT, tetapi ternyata tanpa saya sadari javascript yang saya attach di googlesites hanya bisa saya nikmati sendiri ketika saya login ke akun google saya. Sampai untuk fitur emotikon untuk kotak komentar saya di protes oleh pengunjung, saya baru sadar hehe..itu karena settingan googlesites saya belum di make it public (more action>>manage site>>sharing), tetapi meskipun sempat saya coba set jadi publik tetap saja saya belum menemukan jawaban yang pas dari cara yang ini.(so..masih not recommended hehe..)

Yang Kedua, menggunakan fasilitas freehosting/hostingan pribadi. Nah,, ini awalnya solusi yang mau saya pakai, karena dipastikan bisa jadi solusi dan recommended, tinggal daftar freehosting lalu upload file kita dan tinggal direct link nya. Tapi muncul beberapa kerepotan dan kekurangan nya juga, bila pakai freehosting tentunya banyak kekurangan, pertama,kebanyakan belum terjamin,bagaimana kalo freehosting nya gulung tikar, ada juga(kebanyakan) yang minimal sebulan sekali harus login ke freehosting kita(repot kan klo lupa). Klo pake hostingan pribadi, bisa bahaya juga... bila ada blogger lain yang menggunakan link file kita di blog mereka, tentu memakan bandwidth hostingan pribadi kita(sayang kan). So..silahkan pertimbangkan sendiri..

Yang Ketiga, disematkan langsung kedalam Edit HTML blogspot kita. Nah sebenarnya cara ini yang paling gampang dan ga usah repot2 mikirin kekurangan2 seperti yang ada di 2 pilihan diatas hehe..hanya pusing melihat kodingan yang numpuk di Edit HTML blogspot kita. Recommended sekali..

Caranya:



Untuk embed javascript yang saya warnai pada gambar diatas di ganti dengan script seperti gambar di bawah ini:

Lalu isi dari file java script(code) nya di letakkan pada bagian PASTE THE JAVASCRIPT CODE HERE.

Yang Keempat, pakai jasa free javascript hosting. Cara ini kekurangannya hanyalah masih sedikit penyedia free javascript hosting. Namun cara ini yang saya pakai sekarang ini, meskipun masih belum ketahuan seberapa handal penyedia hosting javascript nya hehe.. setelah saya search di google akhirnya ketemu satu freejavascript hosting yang beralamat di yourjavascript.com , namun entah kenapa setiap malam hari tidak dapat diakses dari browser saya(tidak tahu dengan teman2 yang lain) tapi javascript yang saya host disana masih berfungsi.

Caranya:

Siapkan dahulu file javascript anda, kemudian buka website yourjavascript.com.Kemudian upload file javascript kamu, tidak lupa cantumkan email valid, karena direct link nya akan di kirim via email dan masuk ke bagian spam/bulk, jadi segera cek bagian spam/bulk kalian bila di inbox tidak ada.(karena takut akan banyak menggunakan fasilitas ini saya gunakan fungsi filter mail).

Setelah menekan tombol Upload maka akan muncul tulisan processing hingga selesai seperti dibawah ini. Lalu langsung saja buka emali anda untuk mengambil link nya.


Setelah itu tinggal gunakan link javascript anda.

Ya, itulah beberapa alternatif untuk menggunakan javascript di blogspot. Semoga postingan ini berguna buat teman2 blogger lain. ^^ Sekian dulu ah.. capek juga nih,,panjang sekali hehe..

Tungguin yah postingan ku selanjutnya.

Comments

  1. java script bikin berat blog.... belum kalo antar java script bentrok :|

    ReplyDelete
  2. @flexter:
    ya yang namanya javascript memang bikin berat, tapi ya itu tergantung keputusan penggunanya ^^. setidaknya sebuah aplikasi dibuat untuk di pakai. hehe.. thanks kunjungannya

    ReplyDelete
  3. Wah, info menarik, Gan. Kapan2 saya coba kalau mau pasang banyak java script....

    Salam kenal. Kunjungan perdana

    ReplyDelete
  4. yup... penting banget infonya, langsung ke TKP ya. thx b4

    ReplyDelete
  5. postingnya menarik... langsung coba da:) makasi ya

    ReplyDelete
  6. good share sobat...tapi gak berpengaruh kan pada saat loading...biar tahu...coba ah..trims sob...sebagai sarana persahabatan dan silaturahim...saya sudah pasang link blog sobat di blogroll "sahabat-sahabat terbaikku"...tukeran link untuk mempererat sesama blogger...terima kasih

    ReplyDelete
  7. biasanya sih ane kalo di googlesite posting js file lancar aja :) Toh kalo tetep gak mau, bisa di hosting sendiri/ tuh file gak dikasi ekstensi/ langsung disematin di template itu tadi :)

    ReplyDelete
  8. Baru tahu kalau javascript di bloger mesti di upload dulu toh. Thx infonya

    ReplyDelete
  9. Googlesites udah lama ditutup, kalau pakai hostingan gratis ntar takut cepet bangkrut alias gulung tikar penyedia hosting gratisnya....

    Jadi lebih aman menggunakan hostingan yang berbayar aj...

    ReplyDelete
  10. 8-} Bingung juga neh mau make yang mana... Tapi kalo blogspot khan bisa langsung di pasang aja. Kalo satu server lebih ringan khan?.... But, Salut ilmunya tinggi... :D

    ReplyDelete
  11. Idenya menarik-menarik. Tapi milihnya emang bikin susah ya . ada plus minusnya.. Tapi kayaknya lebih enak milik script yang bisa langsung nempel di blogspot tanpa upload di tempat lain...

    Dulu waktu ada geocities sempat tak upload di geocities.. cuma ekstensinya kalo nggak bisa ya direname.. Sekarang males gituan. soalnya banyak yang tutup .

    ReplyDelete
  12. Wah postingnya sungguh menarik nih, pantas dicoba. trims
    salam dari Surabaya :)
    A Fauzi

    ReplyDelete
  13. matur nuwun, moga makin sukses sob...coz saya msh belajar dasar2nya

    ReplyDelete
  14. lumayan repot juga yah...tes dulu emoticonya ...8-} :)) :-/

    ReplyDelete
  15. sip banget bis tutorialnya
    sangat bermanfaat buat pemula

    ReplyDelete
  16. makasih atas infonya gan. cuman saya masih belm mudeng2 aja

    ReplyDelete
  17. thnks ilmunya sob bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi saya sendiri..
    teruslah membuat artikle yang bermanfaat semangat happy blogging..
    bila berkenan kita tukeran link yahh..kalau mau comment di bloggku yah.. thnks sebelumnya

    ReplyDelete
  18. nais info, ane malah baru tau tuh klu ada jasa hosting buat javascript...

    Maklum masih newbie...

    ReplyDelete
  19. belum ngerti,masih pake blogger,hehe,thanks ya buat infonya

    ReplyDelete
  20. oooww begitu to caranya..coba ah..thnx gan..

    ReplyDelete
  21. Makasih informasinya, sangat berguna dan membantu sekali.

    ReplyDelete
  22. Artikel java script yg bermanfaat.
    Thanks :)

    ReplyDelete
  23. makash ats pengetahuannya,..
    akhirnya tahu jg.

    ReplyDelete
  24. I enjoyed reading your blog. Keep it that way

    ReplyDelete
  25. klo saya lebihsering mengunakan cara yg ketiga,ok sob makasih artikelnya

    ReplyDelete
  26. padahal, saya pikir enakan googlepages daripada google sites...
    ??

    ReplyDelete
  27. keren tu
    makasih ya ats postinganya...........

    ReplyDelete
  28. thnks infonya yah
    bermanfaat banget bagi saya khususnya
    ditunggu artikel artikel selanjutnya sob

    ReplyDelete
  29. kalo pake javascript hosting nantio code js yg sudah kita upload
    dimana taruh js code hasil upload'an td ((

    ReplyDelete
  30. oke juga nie info nya sangat menarik..............

    ReplyDelete
  31. hmm mumet nich klo dah berhadapan dengan java script..... memang banyak sekali yang harus saya pelajari lagi

    ReplyDelete
  32. Makasih info mantapnya mas...!!

    ReplyDelete
  33. oke juga sangat menarik untuk di baca..thank
    salam kenal..

    ReplyDelete
  34. Hampir semua orang yang menghargai rajutan setiap variasi dalam benang dan serat yang tersedia di pasar saat ini. Bahkan di sebuah toko besar seperti Wal-Mart, Anda dapat menemukan beberapa jenis benang. Ketika Anda bergerak ke toko-toko kerajinan dan toko-toko merajut pilihan pilihan benang Anda jual selimut bayi lucu murah carter bulu memiliki atap. Di toko-toko khusus ini Anda dapat menemukan benang dibuat dari serat mungkin paling eksotis seperti alpaka dan kasmir. Untuk perajut yang, mengevaluasi semua pilihan di toko yang sangat yang membawa benang akan mengambil jam yang merupakan hobi benar-benar menyenangkan.

    Ketika satuan luas Anda maju untuk mendapatkan selimut bayi, Anda harus setuju bahwa itu lembut karena kulit bayi sangat lembut dan jengkel oleh permukaan kasar. Hadiah bayi yang baru lahir harus besar dalam ruang yang cukup untuk menutupi tubuh penuh dari bayi yang baru lahir seperti menerima selimut. Selimut anak seharusnya tambahan mencuci-dan-pakai. Ini adalah sangat diperlukan jawaban untuk memahami tentang selimut bayi. Bayi Selimut satuan luas yang terbuat dari jual selimut bayi lucu murah bertopi berbagai sampah diproses. Unit penerima selimut daerah diproduksi dari bahan katun katun paduan yang mencuci-dan-pakai dan mencuci hanya.

    Bila Anda kebetulan mengangkat dalam frekuensi baru, isi beresonansi dengan frekuensi lama berhenti ditambah pergeseran medan energi Anda. Kualitas Cahaya memasuki atmosfer bumi sekarang sedang mengembangkan situasi di mana semua orang dan segala sesuatu di bumi ini mengangkat frekuensi. Ini termasuk anjing, semut, pohon, air. Semuanya berubah, dan itu berarti Anda harus berubah ketika Anda benar-benar adalah daerah makeup fisik dan halus getaran makeup dengan planet ini. Ketika saya mengatakan "Anda," Saya mengacu pada tubuh fisik Anda ditambah bidang energi halus Anda. Anda benar tak terbatas, tetapi Anda menggunakan kostum getaran untuk dapat melakukan hal-hal, membuat hal. Ini adalah Anda vibrasi kostum yang berubah, itu sebabnya Anda mungkin kadang-kadang jual selimut bayi lucu murah bulu elephant merasa tidak nyaman.

    Sekarang ada selimut muslin diangkut yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi Anda bernapas. Ini selimut lampin baru benar-benar lembut dan diangkut bahwa bayi dapat bernapas melalui mereka. Tidak ada bahaya mencekik dengan selimut Anda. Selimut lampin ini dapat digunakan pada puncak kereta untuk pencegahan matahari dan beberapa bahkan SUV diuji untuk ketahanan matahari. Swaddlers ini terbuat dari kain kasa atau kain yang memungkinkan untuk bahkan pernah menjadi alat menutupi selama menyusui.

     Bayi Anda sangat berharga sesuai dengan kebutuhan Anda di mana tidak ada dua pendapat mengenai hal itu. Oleh karena itu buatan tangan selimut bayi adalah hal terbesar yang satu bisa menawarkan dia. Sebuah handmade selimut bayi diperlukan mungkin yang paling untuk bayi yang baru lahir. Selimut ini sangat membantu untuk menjaga hangat bayi. Namun, memilih yang tepat handmade selimut bayi tidak mudah. Anda harus tahu hal-hal utama sebelum memutuskan untuk benar-benar membeli salah selimut untuk bayi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Untuk membuat emoticon cukup ketikkan kode yang berada di atas, jangan Spam yah,,,