Networking & Internet Troubleshooting

Kali ini saya akan membahas beberapa cara mengatasi masalah atau troubleshooting pada koneksi internet.Untuk alat-alat yang diperlukan untuk penyelesaian masalah adalah :
  1. Perangkat telepon(untuk mengecek dial tone line telepon).

  2. cabel tester

  3. tang crimper

  4. RG-45

  5. kabel UTP(kalau di perlukan,untuk mengganti kabel yang rusak)


Contoh kasus:

kabel line telpon tidak ada nada:


  1. Koneksi internet terputus, di tandai dengan tidak bisa browsing atau membuka website dan terdapat tulisan the page cannot display.

  2. Di ping ke DNS terdapat jawaban : Reply from 192.168.1.xx Destination host unreachable.

  3. di cek pada menu modem -> system information, terdapat tulisan unassign pada interface PPPoA.

  4. Lampu status ADSL mati


Solusi:

  • Cek kabel line telpon yang menuju ke modem dengan cara mendengarkan nada dial tone.

  • Apabila nada dial tone tidak ditemukan, maka bisa di pastikan kerusakkan 100% pada jaringan telepon. Lakukan pengecekan IKR dalam sampai BOX depan. Apabila hingga box depan tidak terdapat nada dial tone, maka lakukan pelaporan pada telkom 147, sebutkan nomer telpon adslnya.



Lampu ADSL Hidup Interface IP address : Unassign

1. Koneksi internet terputus, di tandai dengan tidak bisa browsing atau membuka website dan terdapat tulisan the page cannot display.

2. Di ping ke DNS terdapat jawaban: Reply from 192.168.1.xx Destination host unreachable.

3. Di cek pada di cek pada menu modem -> system information, terdapat tulisan unassign pada interface PPPoA.

4. Lampu ADSL hidup


Solusi

    • Restart modem dengan cara: matikan modem, tunggu hingga 5-10 menit, hidupkan kembali.

    • Tunggu hingga lampu ADSL hidup, dan cek di menu modem apakah interface IP address terdapat angka berupa IP.

    • Apabila setelah di restart 3 kali masih tidak ada perubahan, laporkan pada ISP yang bersangkutan.


Indikator Ethernet pada modem mati.


  1. Tidak bisa Browsing

  2. di ping ke DNS terdapat jawaban : Request time out

  3. Tidak dapat masuk ke menu modem

  4. Lampu indicator ethernet tidak nyala




Solusi:

  • Cek kabel Jaringan (UTP) pastikan koneksinya tidak ada yang lepas/terputus

  • Ganti kabel/ Crimping ulang kabel dengan menggunakan Crimping tools.

  • Tes kembali dengan cara melihat indikator dan perintah ping pada program windows


Nah diatas adalah beberapa contoh kasus dan solusi penyelesaiannya, sebenarnya masih ada banyak lagi troubleshooting lainnya,tapi sepertinya informasi di atas cukup.semua hamper sama cara penyelesaiannya.tapi apabila ada yang mau menambahkan silahkan comment aja atau ada yang mau bertanya,silahkan.”Mencoba lbih baik daripada berdiam diri”.

Comments

  1. mantep nich,dapat info networking di sini...
    thanks bos atas sharingnya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Untuk membuat emoticon cukup ketikkan kode yang berada di atas, jangan Spam yah,,,