sharing folder

Sebelumnya maaf klo artikel ini terasa sangat amat dan terlalu basi untuk di bahas :).Karena mungkin di Blog,website atau buku - buku network,cara ini sudah sering di paparkan atau dibahas. Tapi apa salahnya apabila saya mencoba mengulasnya kembali siapa tahu ada yang belum tahu atau lupa :)..hee,,,,.dan sekalian berbagi pengetahuan kepada sesama yang mencari tahu gimana sich cara sharing folder di jaringan. Mungkin bisa membantu.Cukup ah basa basi nya,,,"emangk udah basi..",,:).

"Folder sharing" apaan sich tu?


sharing folder bertujuan untuk "berbagi akses kepada user lain pada suatu folder yang anda inginkan".selain itu anda pun dapat mengaturnya apakah folder tersebut dapat di akses secara umum ataupun dibatasi untuk beberapa user saja.


Misalnya di kantor tempat anda bekerja,di komputer anda anda punya folder musik dan anda tidak mau menikmatinya sendiri,anda ingin semua orang bisa menikmati juga isi dari folder musik tersebut.Berikut caranya.



Langkah atau tahap sharing folder di windows 98/me/2000/xp :


1. Klik kanan pada folder "musik" yang anda ingin share(sharing).


2. cara 1 : Pilih 'sharing and security'

Cara 2 : pilih 'properti' trus pilih menu 'sharing'



3. Centang Pilihan Share this folder on the network (hanya dapat di baca di dalam jaringan local,tidak dapat di overwrite).Centang Pilihan Allow network users to change my files (apabila user ingin semua komputer di jaringan dapat menulis dan membaca ke dalam folder tersebut)


Namun yang saya sarankan adalah hanya mencentang share this folder on the network, karena apabila allow network users to change my file di centang akan mempermudah virus menginfeksi komputer anda.


5. Pilih Ok jika anda telah melakukan pilihan.


6. Untuk mengetahui bahwa folder tersebut telah disharing, perhatikanlah folder tersebut telah terdapat tambahan berupa gambar tangan


untuk lebih memastikannya, coba anda buka run trus ketik "\\no ip anda" tanpa tanda kutip.(ini bisa di lakukan apabila komputer anda telah memiliki IP adress)

Nah sekarang folder musik anda telah dapat di akses oleh semua teman-teman anda di dalam satu network.

Untuk melihat sharing folder komputer teman kamu, kamu bisa menggunakan cara di atas yaitu buka menu run kemudian ketik back slash 2 kali lalu disertai nomor ip pc tersebut atau nama pc tersebut misalnya : "\\192.168.10.15" atau "\\shedtya" , eits ingat tanpa tanda kutip yah :D.


Comments