Membuat Favicon di blogger

Favicon?? apa tuh? (tapi ga semua orang sich yang bilang gtu) hehe.., favicon adalah logo/lambang/ciri khas dari suatu blog atau web, yang umumnya menunjukkan identitas dari sang empunya blog atau web (ini pengertian pure menurut saya lho,klo ada yang merasa berbeda atau salah dan tidak setuju boleh di komentari di kolom komentar di bawah).


letak favicon adalah di sini






Contoh-contoh favicon yang prnah saya temui adalah :



Punya Saya



Punya O-om



Punya Nyem



Punya Friendster


mau tahu caranya, ayo lanjut :

1. Pertama-tama kita harus memilih dan membuat file gambar yang akan kita baut menjadi favicon. Kita dapat menggunakan file gambar berjenis .jpg, .ico, .gif ataupun .png, tapi lebih baiknya gambar tersebut kita resize terlebih dahulu, agar lebih cepat di load pada saad orang membuka web atau blog kita, kira-kira di resize menjadi 20x20 atau 32x32.

2. Cara meresize gambar yaitu misalnya menggunakan pengolah gambar Adobe Photoshop. Open file anda, kemudian pada toolbar klik Image - image size... lalu ubah Width dan Height menjadi 20 atau 32, dan pastikan kolom di sebelah kanan berada pada pilihan pixel. Setelah selesai jangan lupa di save ulang.

3. Setelah itu kita akan mengupload file tersebut ke internet/media penyimpanan di internet seperti photobucket, geocitiest, imageshack atau di webhosting apabila anda menggunakan jasa webhosting. Kalau saya menggunakan layanan dari google yaitu googlepages. Sebenarnya googlepages adalah tempat membuat web pribadi juga namun memberikan fasilitas upload image.

4. kemudian kita berahli dulu ke blog atau web anda (disini saya menggunakan contoh blogger) . Kita masuk kebagian layout - edit html

lalu letakkan kode berikut di antara <head></head>






<link
href='http://shedtya.mlw.googlepages.com/aku.jpg' rel='shortcut icon'
type='image/x-icon'/>



Ganti teks berwarna merah dengan URL gambar Favicon kamu. dan jangan lupa save. Lalu bukalah blog kamu, lihat pada address bar. Favicon kamu berubah kan.

Comments

  1. seep neh mas infonya...sudah aku peraktekan dan berhasil!!

    ReplyDelete
  2. Mf, mas..
    Kok ga jd emoticon di kotak posting commentny?
    Yah kurang asyik dong? Udah bagus c? Cuma ky'x harus drenovasi lagi dikit lagi tag codex biar yang muncul emoticonx, bukan lambang2nya...
    Tuh! kan? :)) :)] ;)) =))

    ReplyDelete
  3. @skynet: iya saya belum pindahin host script nya ^^. makanya ga bisa muncul ^^
    nanti di perbaiki. tq

    ReplyDelete
  4. seep neh mas infonya...sudah aku peraktekan dan berhasil!!

    salam Admin : 168sdbet.com
    www:sundulbet.com mohon untuk kunjungannya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Untuk membuat emoticon cukup ketikkan kode yang berada di atas, jangan Spam yah,,,