resize multiple foto dengan Photoshop

Terkadang bingung juga klo foto2 dari kamera kita ukurannya lumayan besar. Selain bikin ukuran hardisk membengkak kadang buat di upload kesitus social networking seperti facebook, friendster, atau ke images hosting seperti photobucket ataupun situs lain bakal memakan waktu cukup lama.. dan bisa2 yang ada malah upload-nya gagal T.T .

Nah klo fotonya cuma 1 atau 2 sich masih ga masalah, tinggal buka image editing seperti photoshop, ACDSee dan yang lainnya lalu tinggal di resize ^^. Tapi gimana klo image foto yang kebesaran itu ada puluhan hingga ratusan (aw..aw..aw...), bisa kriting klo satu2 di resize image nya.

Nah terus.. gimana dunk? masa di diemin aja? hohoho... bukan gitu..daripada capek2 cari software lagi buat di instal terus resize, lagian software yang terinstal sudah seabrek makin berat aja yang ada kompi nya hehe... nah manfaatin yang ada aja ^^. Contohnya bikin aja Photoshop Action buat resize image dan tinggal di jalanin aja pake automate batch. Gimana caranya???

buat caranya ikutin step by step di bawah ini yah.

pertama buka folder yang isinya file2 image foto yang mo di resize, lalu di dalam nya bikin folder baru.


Kemudian buka aplikasi Photoshop kamu dan buka 1 image foto yang ada dalam folder tersebut.

Lalu.. alihkan pandanganmu ke arah kanan atas monitor dan cari icon seperti gambar di bawah ini untuk membuat action baru:
Terdapat 2 cara. bisa melalui shortcut yang ada seperti gambar pertama atau klik tanda panah kecil yang ada di pojok kanan lalu klik "New Action...".


Silahkan beri nama dan tekan Record. Setelah itu pastikan bahwa di window Action posisi record dalam keadaan aktif (lingkaran berwarna merah) dan akan terlihat action baru yang barusan kita buat (biasa berada paling bawah).
Nah mulai dari sini,, semua proses yang kita lakukan bakal di rekam, seperti cropping,resize atau effect2 seperti blur dan sebagainya. Nah kita kan mau nya bikin Action untuk resize foto, jadi klik menu Image lalu pilih Image Size atau dengan menekan ALT+CTRL+I.
Lalu bakal muncul window seperti di bawah ini. Rubahlah format Width dan Height kedalam percent, lalu isi kan dengan nilai 50, yang artinya kita memperkecil ukuran image foto tersebut menjadi 50%. Lalu klik OK. Untuk ukuran tergantung kalian mau di set berapa, bisa 25%, 75% atau menggunakan mode pixel, tapi saya lebih menyarankan menggunakan mode persentase karena tidak setiap foto posisinya potrait semua atau landscape semua :) .
Setelah mengklik OK.tentunya bakal ada perubahan yang terjadi pada ukuran image foto yang kita buka tadi. menjadi lebih kecil bukan? ^^. Nah sekarang tinggal kita Save As aja ke folder baru yang kita buat tadi.Klik File lalu pilih Save As kemudian masuk ke folder baru yang pertama2 telah kita buat, lalu klik save.
Setelah itu,jangan lupa mengclose image yang telah kita save. Proses close image ini cukup penting karena agar ketika photosop action yang kita buat dijalankan tidak menimbulkan beban yang besar karena terus menerus menampung(membuka) image foto2 di window photoshop.
Setelah itu, baru kita stop proses record di window action dengan menekan tombol stop berbentuk kotak.
Nah Sudah selesai Photosop Action untuk meresize foto-nya. Tapi.. ini kan masih setengah manual (lho kok?), ia,,kan baru porses resize nya aja yang kita bikin otomatis, tetep aja mesti buka satu persatu foto nya. Nah biar otomatis, sekarang masuk ke menu File - lalu pilih Automate >> batch...
Kemudian browse folder di mana foto2 yang mau kita resize (perhatikan gambar di bawah ini).
Setelah kamu menekan tombol OK. maka proses resize foto akan secara otomatis berjalan.. jadi komputer kamu jadi seperti setan yang melakukan proses resize foto sendiri (hehehe....). Tinggal tunggu sampai proses nya selesai. Semakin banyak fotonya yah semakin lama nunggunya ^^ , tapi kan lebih gampang :)) daripada kita mesti klik satu persatu :) .

Setelah selesai coba lihat perbandingan nya di bawah ini ^^(klo kurang jelas, klik kanan terus pilih view image ^^).
Terlihat kan perbandingannya..dari file ukurang sekitar 4Mb menjadi kurang lebih 600an KB. dan dari resolusi 3000an x 2oooan sekarang menjadi 1000an x 1000an ^^.

semoga tutorial ini bisa membantu :) .

Comments

  1. Owh, ini ya caranya pake Makro. :)

    Thanks ya, nice tips :)

    ReplyDelete
  2. ohh ok~

    thks bgt infonya berguna bgt~

    soalnay aku juag pengguna photoshop yang rada gaptek heheh

    ReplyDelete
  3. wah ternyata bisa bareng ya..
    thanks infonya..

    ReplyDelete
  4. wuih,, mantap bro tutorial nya! sukses y,,,:D

    ReplyDelete
  5. Walah, nyerah saya kalo urusannya sama sotosop. Biar kata tutorialnya sudah sangat jelas dan runtut begitu, tetap saja otak ini sudah kadung kliyeng-kliyeng duluan mendengar kata sotosop. :D

    Btw, nice tutorial, fren...

    ReplyDelete
  6. Saya menggunakan GIMP kalau pakei GIMP bisa ga otomatis mengecilkan seperti itu?

    ReplyDelete
  7. @all thanx comment nya yah ^^

    @ecko: hahha... masa sich kang ^^. little2 pasti bisa lah ^^

    @blocked drains: wah klo gimp saya lom tau caranya juga ^^ masih awam

    ReplyDelete
  8. Info yg menarik, thx yah ilmu photoshop nya

    ReplyDelete
  9. maaf mbak mau tanya
    cara mengambil gambar di monitor
    untuk tutorial seperti
    postingan di atas gimana ya??

    ReplyDelete
  10. Hi..lam kenal.artikelnya menarik dan unik plus lucu

    ReplyDelete
  11. gue juga ada tips yang lain lagi, kalo lo semua install microsoft office 2007, disitu akan ada microsoft office picture manager, klik aplikasi tersebut , buka folder image yang mau dikecilin, drag all ke aplikasi, terus di aplikasinya ituh lo ctrl+a , pilih di toolbarnya edit picture, di bar sebelah kanan akn muncul menu , pilih resize dan atur ukuran sesuai yang anda mau.

    ReplyDelete
  12. Thanks for the photoshop tutorial...great help!

    ReplyDelete
  13. Sebagai bukti peduli kita terhadap linkungan yang semakin menuju ke dalam fase degradasi, PetaMasaDepan Dev (PMD). mengajak para Blogger Indonesia sekalian untuk mengkampanyekan lingkungan hidup.

    ReplyDelete
  14. Berkunjung lagi... Mohon dukungannya di Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

    ReplyDelete
  15. makasih bgt,, berguna sekali tulisannya.. :D

    ReplyDelete
  16. wah jadi pengen belajar photoshop, tp g da yang ngajari he he

    ReplyDelete
  17. Wah info yang berguna bgt, ada ga tips Adobe Photoshop buat memperbaiki foto yang resolusinya rendah atau kecil sehingga bisa di cetak ukuran besar?

    ReplyDelete
  18. Saya jawab pertanyaan diatas, Foto resolusi kecil tidak bisa di jadikan resolusi tinggi, jadi prinsipnya "masuk sampah = keluar sampah". Kalaupun bisa diperbaiki itu cuma sedikit dan tak signifikan, jalan satu2nya adalah membuat foto dengan resolusi tinggi, mutlak!

    ReplyDelete
  19. nice tutorial ni jadi ga usah repot2 ngeresize fotony satu persatu.. useful bgt ni bt saya..

    trims atas tutorialnya.....

    ReplyDelete
  20. nah ini.. jadi ndak satu-satu ngomen. Siplah, makasih ya info sharingnya. Salam kenal ^_^

    ReplyDelete
  21. thanks mas infonya. patut di coba nih.

    ReplyDelete
  22. mantabs... nggak nyangka photoshop bisa melakukan itu juga. sebelumnya saya selalu pake pixresizer untuk ngeresize banyak photo sekaligus

    ReplyDelete
  23. @all: thanks comment nya

    @komputer murah:
    owh, nice info juga baru tahu pixresizer. ^^

    ReplyDelete
  24. Tq...very nice info & helpful boz :)

    ReplyDelete
  25. Tutorial yang bagus... ijin masukin link ini ke blog saya..

    ReplyDelete
  26. terimakasih banyak sobat atas artikelnya, sungguh sangat berguna sekali bagi kita semua :D Job Feed Aggregator, General Forum Discussion

    ReplyDelete
  27. kalo pakai GIMP bisa nggak kang?? :D

    makasih :)

    ReplyDelete
  28. lhah sayakokmalah baru tau sekarang ya kalo pake sotosop bisa resize dalam jumlah banyak. duh terlanjur diresize satu2... coba nemu artikel ini dari kemarin..
    btw, makasih buanget atas pencerahannya

    ReplyDelete
  29. Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
    Sukses selalu untuk anda

    kunjungi web kami untuk menambah ilmu
    www.168sdbet.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  30. ga usah pakai action,
    pakai image processor saja

    ReplyDelete
  31. Memenangkan penghargaan bersama dengan favorit ibu di seluruh dunia, Aden + Anais telah menjadi lampin selimut bayi harus dimiliki untuk bayi yang baru jual selimut topi bayi murah double fleece lahir maka salah satu hadiah bayi sangat paling populer. Aden dan Anais lampin selimut baru saja dilihat oleh selebriti baru ibu Charlize Theron, Jennifer Garner, Jessica Alba, Hilary Duff, dan January Jones.

    Fotografi baru lahir menawarkan banyak kesempatan untuk menangkap bersalah dan bertanya-tanya seorang ibu atau ayah melihat dalam setiap bayi. Dari berfokus pada jari kecil dan jari kaki kecil untuk gumpalan rambut lembut bayi Anda, Anda akan menemukan begitu banyak jual selimut bayi lucu termurah double fleece metode untuk berpose si kecil Anda pada dirinya pemotretan nama. Jika Anda adalah pendatang baru ke fotografi bayi, pastikan untuk pertama melihat petunjuk ini untuk unggul di fotografi potret bayi.

    Anda membuat selimut dari benang dan mengumpulkan masing-masing pola sederhana dan rumit yang baru saja Anda buat. Merajut pasti hobi yang menarik terutama jika Anda mulai melihat proyek pertama Anda membuat yang merupakan - merajut pola selimut bayi. Setelah Anda berhasil menyelesaikan prosedur, adalah mungkin untuk memahami desain dan pola selimut bayi Anda. Jahitan berhasil Anda mungkin akan sederhana dan Anda menerima terbiasa memutar jual selimut bayi lucu murah carter bertopi dengan hook sementara melampirkan berbagai pola yang Anda buat.

    Mencari yang sempurna hadiah baby shower untuk anak-anak yang Anda alami? Tidak terlihat lagi, California Cozy memiliki solusi! Kami sekarang menawarkan hadiah yang dapat dipersonalisasi dengan monogram atau nama untuk menciptakan bayi hadiah unik. Barang-barang pribadi dapat dicapai untuk bayi, balita, dan orang dewasa.


    Keranjang yang memiliki hadiah bayi yang unik diciptakan dengan menempatkan banyak pemikiran di dalamnya, seperti kebutuhan bayi baru lahir tentu tidak sepenuhnya berbeda satu sama lain. Untuk keyakinan sederhana yang masing-masing item penting penting untuk nutrisi bayi baru lahir yang dihukum unik keranjang hadiah bayi, karena benar-benar seorang ibu memberi bukan anaknya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Untuk membuat emoticon cukup ketikkan kode yang berada di atas, jangan Spam yah,,,