instal dan konfigurasi TextPad untuk Java programming

hm,, setelah kemarin ngeposting tentang membangkitkan gairah yang kendor tentunya kini harus bersemangat ^^. Berhubung postingan artikel saya tentang programming masih sangat sedikit, jadi untuk kali ini saya akan membahas sesuatu yang berhubungan dengan programming dan semoga akan berlanjut menjadi berseri (wah,, mau nyaingin sinetron pake seri segala ^^). Dulu saya pernah membahas tentang konfigurasi notepad++ untuk mendukung Java Programming, nah berhubung ada banyak text editor yang bisa di gunakan untuk melakukan coding java maka kali ini saya mau membahas sedikit tentang instalasi dan konfigurasi TextPad (TextPad adalah salah satu Jenis text editor yang bisa mendukung java programming dan merupakan program free evaluation copy).

Dulu ketika saya masih semester 1, pada awal pertemuan praktikum Java saya diajarkan menggunakan notepad++ untuk melakukan coding java (meskipun bisa juga menggunakan notepad standard windows ) tapi harus ada beberapa konfigurasi tambahan agar memudahkan compile dan running program (untuk lebih detail bisa baca di sini dan di sini). Kemudian setelah beberapa pertemuan (setelah adanya Test Penerimaan Asistent Lab Software Laboratory Center di kampus), akhirnya di sarankan ulang untuk menggunakan TextPad karena notepad++ tidak mendukung compile file via jaringan (compile file java yang berada di drive maping).


Nah untuk instalasi dan konfigurasi TextPad cukup gampang dan akan saya jelaskan:

Pertama-tama download text editor TextPad di sini atau versi+keygennya di sini(TextPad v5.20). Kemudian seperti menginstal sebuah program tentunya harus mengklik dua kali setup.exe nya (Pastikan bahwa program JDK nya sudah terinstal, download here)hehehe…^^. Kemudian bisa mengikuti langkah-langkah pada gambar di samping(ikuti urutan nomer nya).


1. Extraxing data
2. Klik next
3. License Agreement pilih i agree kemudian next
4. Isi informasi customer kemudian pilih Anyone who use this computer, lalu klik next.
5. Pilih lokasi instalasi TextPad biarkan default aja, lalu tekan next.
6. Validasi pertanyaan untuk menginstal TextPad, klik instal.
7. Program sedang di instal.
8. program selesai di instal klik finish.

Nah sekarang program TextPad sudah terinstal di komputer dan kamu sudah bisa mencoba membuat program java sederhana, ^^, tapi ada sedikit konfigurasi yang harus di tambahkan. Buka TextPad kamu, untuk membuka Program Textpad, klik start - all program -TextPad.

Setelah TextPad kamu terbuka, pada toolbar pilih Configur-Preference, akan muncul form seperti di bawah ini.terus pilih tools lalu di expand tanda + nya. kemudian tambahkan "-cp . " pada kolom parameter di pilihan Compile Java dan Run Java Aplication seperti gambar di bawah ini lalu klik OK.



Nah sekarang kamu sudah bisa membuat program java serta mencompile dan run program nya ^^.Dalam artikel sebelumnya, di sini, saya telah mencontohkan coding java sederhana yang memberikan print out "Welcome to Java!" nah,, sekarang untuk testing TextPad saya akan memberikan contoh yang berbeda, namun untuk penjelasan coding nya saya akan jelaskan di lain kesempatan ^^. Jadi silahkan ketikkan barisan code di bwah ini dalam TextPad kamu, tapi sebelumnya save dulu lembar kosong itu dengan nama "Nyoba.java" (tanpa tanda kutip dan N nay besar dan huruf "j" pada .java nya kecil).
Kemudian setelahselesai mengetik koding di atas, jangan lupa save kemudian tekan CTRL+1 untuk mengcompile file .java menjadi .class kemudian tekan CTRL+2 untuk run program yang baru saja kamu ketikkan dan hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini:
Selamat, anda telah berhasil mencoba membuat sebuah program java sederhana, mudah bukan. Ok,sampai di sini dulu, nantikan artikel java saya selanjutnya yah ^^, amin.

Comments

  1. pertamaXXX............
    hm... asik ni bkunjung kesini... dapat wawasan baru...
    trims sob... salam knal..

    ReplyDelete
  2. Yah keduax :))
    Kenalan juga ya mas, makasih dah ngunjungin blog eyke yang mulai ga keurus :D

    Ini maksudnya apa ya mas, ga mudeng 8-}

    ReplyDelete
  3. @sungaikuantan.com:
    trims kunjungannya ^^

    @--StEvEnZ-- :
    yup sama2, ini pengenalan java sekalian cara instalasi text editor (textpad) untuk belajar coding java programming ^^

    ReplyDelete
  4. Artikelnya bagus dan menarik..
    hehehe..

    ngomng2 silahkan berkunjung ke BLOG HEBOH dan berkomentar ria ya, soalnya BLOG HEBOH make sistem Dofollow

    Oh iyah satu lagi gabung jadi pengikut saya yah..
    Di tunggu yah kedatangannya,.

    http://blogheboh.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. Wah mantep. Saya lum tahu sama sekali dengan pemrograman java. Coz belum di ajarin... Mungkin semester depan :D

    ReplyDelete
  6. The information that you have provided is not only for novice but also it helps the professionals in the business.

    ReplyDelete
  7. tools nya tanda + tidak bisa di klik gmn?

    ReplyDelete
  8. Thanks to a brilliant effort in publishing your article. One can be more informative as this. There are many things I can know only after reading your wonderful article. miami cubicles

    ReplyDelete
  9. nanya dong. saya baru saja install textpad, tapi tidak bisa ctrl+1 dan ctrl+2 itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sudah menginstall JDK maka langsung saja klik
      Configure > Preferences pilih Tools dan Add pilih java SDK Commands

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. trims banget untuk tipsnya. blog seperti ini yang saya suka..selalu memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca..update trus sob

    ReplyDelete
  12. Salam admin, Setelah membaca artikel Anda Saya suka dengan topik Anda. Sangat membantu sekali dan bisa dijadikan sumber referensi. Saya berharap orang lain dapat merasakan manfaat yang sama seperti saya, saya akan menunggu update artikel berikutnya. Terima kasih untuk berbagi by author Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Internet Tanpa Modal

    ReplyDelete

Post a Comment

Untuk membuat emoticon cukup ketikkan kode yang berada di atas, jangan Spam yah,,,