Belajar JAVA Console dengan Notepad++ , Pagerank turun dari 4 jadi 2

Setelah kaget mengetahui update Google Pagerank yang begitu cepat hingga 2 x wow,, kaget juga nilai Pagerank saya turun hehe,,, dari PR4 akhirnya jadi PR2 hehe,,, gpp lah soalnya kebetulan beberapa minggu ini saya sibuk dengan urusan kuliah jadi nga punya inspirasi mau posting apa :D , pergi pagi pulang malam haha,,, maklum pulang pergi soalnya bekasi to kemanggisan, jadi traffic blog menjadi berkurang. Hus,,hus,, jadi curhat,, inget judulnya apa hayoo,, hehe,,,

Ok kembali ke judul, hm,, kebetulan semester awal kuliah yang saya jalanin ini (huff,,akhirnya setelah 2 tahun lulus bisa kuliah juga hehe,,) saya mendapat pelajaran AMOOP 1 (Algoritma dan Metode Object Oriented Programming 1) dengan menggunakan bahasa pemograman JAVA berbasis Console dan editor yang di pakai adalah Notepad++ .

Selama seminggu pertama menggunakan Notepad++ sempat bingung karena tidak bisa mengcompile dan run program JAVA seperti yang dilakukan ketika praktikum di Lab.Software dengan membuat shorcut CTLR+1(untuk compile) dan CTRL+2(untuk run). Akhirnya diketahui masalahnya :D. Berikut ini akan saya tuliskan step by step nya.

Untuk belajar programming JAVA tentunya kita harus menginstal terlebih dahulu Java machine nya yang bisa di download dari sini. Saya rasa saya tidak perlu menjelaskan proses instalasi secara rinci karena saya rasa cukup gampang, setelah selesai di download cukup klik dua kali file tersebut, kemudian tinggal next dan accept beberapa kali lalu tunggu hingga instalasi selesai.

Setelah instalasi selesai maka akan terdapat folder JAVA yang berisi teman-temannya di dalam program file komputer kamu. Untuk memastikan versi dari java yang kamu instal coba buka command promp dari RUN kemudian ketikkan CMD lalu enter, setelah itu ketikkan "java -version" tanpa tanda kutip. maka akan terlihat versi dari java kamu.


Nah setelah java machine selesai di instal kita perlu satu lagi editor atau software untuk membuat program java sebagai media untuk megedit program dan script java, ada banyak sekali jenis editor atau software untuk melakukan programming java contohnya : eclipse, netbean, Jcreator, notepad++, textPad, dan banyak lagi. Nah untuk belajar java console saya menggunakan editor Notepad++ yang support banyak bahasa pemograman. Nah agar gampang dalam menggunakannya download saja source notepad++ sehingga tidak memerlukan instalasi, download source notepad++ di sini.

Setelah selesai download extrak file notepad++ di dalam folder JAVA (c:\program files\java\notepad++). kemudian klik kanan pada file notepad++.exe lalu pilih send to desktop untuk membuat shortcut ke desktop.

Sampai disini kita sudah bisa mulai membuat program Java dengan Notepad++ namun untuk compile dan run java harus via command prompt yang akan saya bertahu di postingan selanjutnya.

Nah sekarang kita akan membuat shortcut di notepad++ agar lebih gampang untuk meng-compile dan run program javanya. Pertama-tama buka program notepad (bukan notepad++) lalu ketikkan seperti gambar di bawah ini.

Kemudian save di desktop dengan nama file "Javac.bat" tanpa tanda kutip. Kemudian ganti lagi tulisan di notepad tadi menjadi seperti di bawah ini.
Lalu save as di desktop dengan nama "java.bat" tanpa tanda kutip. Bila sudah sekarang tutup notepad nya. Lalu pindahkan file javac.bat dan java.bat ke folder bin (biasanya : c:\program files\java\jdk1.6.0_xx\bin). Lalu buka program notepad++ agar langsung bisa di test ketikkan barisan program sederhana seperti gambar di bawah ini lalu save dengan nama file Welcome.java di file bin instalasi java kamu (ingat W nya huruf besar dan j pada java nya huruf kecil) dan jangan lupa untuk memilih language menjadi JAVA, caranya pada menu notepad++ klik LANGUAGE lalu pilih JAVA.


Setelah itu maka pada menu klik "Run" lalu pilih "Run..." atau tekan F5. Maka akan muncul satu form dan isi dengan letak file javac.bat dengan tanda kutip ditambah $(FILE_NAME).
Contoh: "C:\Program Files\Java\Jdk1.6.0_02\bin\Javac.bat" $(FILE_NAME)

Lalu klik save dan muncul sebuah form lagi, beri nama Compile Java, lalu centang pada CTRL dan pada menu dropdown pilih 1 kemudian klik OK.

Setelah itu shortcut compile java (CTRL+1) sudah jadi sekarang kita lanjutkan membuat shortcut untuk menjalankan Java(CTRL+2). Masuk lagi ke menu "run" lalu "run...", ketikkan alamat file Java.bat dengan tanda kutip lalu tambahkan "$(NAME_PART)" tanpa tanda kutip.
Contoh: "C:\Program Files\Java\Jdk1.6.0_02\bin\Java.bat" $(NAME_PART)
Lalu klik save dan beri nama Run Java Aplication, lalu centang pada CTLR dan pada menu dropdown pilih 2 kemudian klik OK.
Sampai disini shortcut sudah selesai di buat. Silahkan test untuk mengcompile file Welcome.java tadi dengan menekan tombol CTRL+1 lalu menjalankannya dengan CTRL+2.

Ingat tadi saya suruh save file Welcome.java di dalam folder bin instalasi java kamu, jika kamu save di tempat lain maka shortcut tidak bisa di jalankan dan akan muncul error. Untuk tau trik cara agar file java kita dapat kita save disembarang tempat dan bisa di compile dan di jalankan baca di sini.

NB: bila malas bikin file-file di atas download saja di sini ^^.

Comments

  1. Mas bisa ajarin saya C++?

    ReplyDelete
  2. @bobby; wah saya juga masih pemula di programming mas bob :D , baru belajar java , dan C++ mungkin kedepannya mau belajar juga, klo saya ngerti ntar saya bikin dech postingan nya :D berdoa saja yah :D

    ReplyDelete
  3. wah turut berduka cita dgn pr yg turun,,
    saya jg takut pagerank turun,,
    hhehe..
    klo aq cma bsa bhasa pascal..
    yg lain g ngrti..=p

    ReplyDelete
  4. @rese: hehe,, iah makasih,, tapi gpp,,alexsa nya merangkak naik :D senangnya hehe,, hm,,gpp klo cuma bisa paskal,,tapi cobapelajari java katanya bagus hehe,,,

    ReplyDelete
  5. Kayanya tinggal rajin di update lagi blognya nanti PR nya akan naik lagi kayanya, apalagi di update dg tulisan yg bagus atau nice content :D

    ReplyDelete
  6. @attract money: yup,,, semoga otak ini encer dan bisa membuat postinga2 yang nice :D

    ReplyDelete
  7. Waduh om..gw uda ikutin tuh caranya..tpi gak isa...
    GW copy notepad++ dari lab kita..
    trus skrng masalahnya gak isa compile...

    Gw jg denger dari orang lain katanya mereka ambill dari lab jg..trus sampe rumah pake gak isa compile...gak ada jalan sdikit pun..

    Trus gw ikutin cara diatas..jg kagak isa..
    hehehe..
    mungkin ada krng softwarenya lage kali yah..

    bantuin yah??

    ReplyDelete
  8. @GamonicZzz: m,, mank pake OS apa? windows XP atau windows Vista,, kalo vista sepertinya ga bisa pake notepad++, dan dari aslab gw disaranin pake textpad :D

    ReplyDelete
  9. wah bagus nih Mas...
    pengen juga nih belajar ttg Visual Basic, PHP, dan C++...

    ReplyDelete
  10. PR turun..gak papa mas...PR bukan segalanya....
    semangat terus...

    oh ya, keren juga nih ilmu java-nya...bisa belajar dari sini dunks aku ini..thx yah mas..

    ReplyDelete
  11. @busby seo test: m,, makasih,, iah,,saya juga masih pemula,, harus banyak2 belajar bahasa program :D

    @Jovie: iah mbak PR buka nsegalanya :D . m,, senang bisa membantu,, saya juga masih pemula :D

    @gamonicZzz:m,, sekedar tambahan,, di vista ternyata bisa pakai notepad++ tapi,, ada beberapa settingan tambahan yang agak berbeda,, soalnya di atas adalah settingan untuk windows Xp

    ReplyDelete
  12. aduh bro udah gw ikutin step by step kok gk bs ya
    kluar tulisan kyk gini klo di compile en di run

    'javac' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file.

    solusinya gmn nih??
    mana bntr lg udah mw uts lg

    ReplyDelete
  13. @rantaro:

    setelah ikutin panduan di atas ada ikutin panduan selanjutnya lom yang id sini
    http://dyt-root.blogspot.com/2008/10/cara-compile-java-via-command-prompt.html

    ReplyDelete
  14. gimana caranya run program pascal (.pas) langsung dari notepad++??

    ReplyDelete
  15. @cojones: wah untuk pascal saya kurang tau, :p nanti kalo ketemu akan saya share. trims kunungannya

    ReplyDelete
  16. wuahahahah
    keren neh....
    gile,,,
    anak binus tahun ini pada ngerti java semua...
    hehehehe
    yaudah makasih atas ilmunya ya

    ReplyDelete
  17. udah Belajar java ya?
    sama nih, gw lagi belajar java jg tapi bukan pake notepad++ pake TextPad v.5
    btw, thanks buat ilmunya

    ReplyDelete
  18. @zoe: yup java console,, iah sekarang juga saya sudah pake textpad :D

    ReplyDelete
  19. new artikel :
    http://dyt-root.blogspot.com/2009/03/instal-dan-konfigurasi-textpad-untuk.html

    ReplyDelete
  20. Mending pakek Java Editor 1.2 downloadnya di sini

    http://www.brothersoft.com/java-editor-78485.html

    bisa langsung compile tuh tapi sayang gak ada hightlight nya

    tapi lumayan lah buat bikin pusing kalian ,hehehe... :)) :D

    yah namanya juga belajar =))

    ReplyDelete
  21. Cooler bag stylo mama kereta benar-benar adalah suatu keharusan bagi banyak orang tua yang memiliki dua anak atau mungkin sepasang kembar dengan perbedaan usia minimal. Hidup dengan keluar kereta dorong dapat menjadi sangat sulit, karena keduanya ibu dan ayah perlu membawa bayi dan barang-barang mereka yang lain ketika mereka jual cooler bag harga murah carter mencoba dan pergi tamasya bersama-sama. Pengalaman ini bisa sangat melelahkan pada akhir hari Anda, jadi lebih baik untuk memiliki kereta dorong tandem untuk mencapai ini melakukan pekerjaan.

    Sebuah pompa payudara menarik keluar air susu melalui payudara ibu sehingga ia bisa memberikan bayinya dengan hal-hal yang besar tentang ASI saat masih memastikan si kecil mendapat cukup untuk mengkonsumsi. Ada pompa manual, pompa listrik yang dioperasikan dengan baterai, dan pompa rumah sakit kelas. Ini sedikit berbeda dari yang lain, namun tujuannya adalah identik, yang adalah untuk memungkinkan ibu aktif untuk mengamankan bayinya di depan umum sementara dengan mudah mengamati susu jumlah telah dikonsumsi. Dengan menyusui secara teratur, itu bisa menjadi mungkin untuk mengetahui berapa banyak susu bayi mendapat, tapi dengan mentransfer ASI untuk beberapa botol yang memiliki pompa payudara, Anda dapat mulai untuk melihat penurunan tingkat susu sebagai minuman yang baru lahir.

    Juga, pembibitan harus berisi musik bayi, hiasan jual cooler bag harga murah multi function dinding yang indah, stacker popok, boneka boneka lembut dan karpet. Adalah penting bahwa pembibitan berisi terbaik bermain musik bayi, seperti yang sering yakin musik membantu dalam memiliki anak secara mental dan fisik. Mendengarkan musik telah terbukti sangat baik untuk anak. Musik bayi dan lagu pengantar tidur menggunakan catatan didirikan untuk bayi menenangkan. Musik bayi manfaat dewasa juga! Kekuatannya mengangkat semangat dan menenangkan saraf. Hal ini juga mengatakan bahwa musik dapat membuat anak lebih cerdas juga! Bayi yang paling sering dalam posisi untuk memberitahu melodi dari pidato, meskipun mereka tidak cukup canggih untuk menemukan sesuatu tentang musik. Memiliki hiasan dinding berwarna-warni sangat penting; pada akhirnya, pembibitan sebenarnya dunia bayi mereka.

    3. Kursi mobil bayi bayi telah menjadi bahan diskusi untuk orang-orang mengenai kebutuhan untuk hal-hal tertentu yang harus dipelajari dari perawatan. Penggunaan kursi memungkinkan mereka untuk untuk mudah mengambil dengan Anda bayi dengan carrier. Mereka bisa langsung sesuai dengan operator yang sama pada mobil membuat duduk bayi di posisi yang lebih baik. Kenyamanan terakumulasi di ajang orangtua mendapatkan keputusan pembelian. Mereka tidak keberatan menghabiskan sedikit lebih.

    Sebuah artikel berjudul? The New Science of Saudara? diterbitkan di majalah Time pada tahun 2006 menyatakan bahwa gaya pengasuhan bersama dengan anak temperamen? s meliputi dua variabel terbaik yang mempengaruhi anak-anak keterampilan resolusi konflik? s. Anda tidak dapat meningkatkan anak Anda? S temperamen, namun Anda dapat menunjukkan cara dia untuk mengatasi tantangan dalam temperamen sendiri.

    ReplyDelete

Post a Comment

Untuk membuat emoticon cukup ketikkan kode yang berada di atas, jangan Spam yah,,,